SELAMAT DATANG DI BLOG DIA

selamat datang

Popular Posts

Kamis, 22 Desember 2011

terapi musik

Musik tentunya adalah sesuatu yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Setiap orang pasti senang mendengarkan musik. Bahkan saya sendiri pun sepertinya tidak pernah melewatkan satu hari tanpa mendengarkan musik. Terkadang disaat saya sedang merasa bosan atau bad mood, musik dapat mengembalikan suasana hati saya. Dan ternyata musik juga terbukti berpengaruh terhadap mengurangi perasaan depresi.

Musik ternyata bersifat terapeutik dan bersifat menyembuhkan. Musik menghasilkan rangsangan ritmis yang di tangkap oleh organ pendengaran dan diolah di dalam sistem saraf tubuh dan kelenjar pada otak yang mereorganisasi interpretasi bunyi ke dalam ritme internal pendengar. Ritme internal ini mempengaruhi metabolisme tubuh manusia sehingga prosesnya berlangsung dengan lebih baik. Metabolisme yang lebih baik akan mengakibatkan tubuh mampu membangun sistem kekbalan yang lebih baik, dan dengan sistem kekebalaan yang lebih baik tubuh menjadi lebih tangguh terhadap kemungkinan serangan penyakit ( dalam Campbel, 1997)

Terapi musik adalah pemanfaatan kemampuan musik dan elemen musik oleh terapis untuk meningkatkan dan merawat kesehatan fisik, memperbaiki mental, emosional, dan kesehatan spiritual klien. Terapi musik terdiri dari 2 elemen utama yaitu elemen terapi dan elemen musik. Elemen terapi yang meliputi keterampilan musik bagi terapis, membangun hubungan terapis dengan klien, aktifitas yang terstruktur dan dianjurkan oleh tim ynag merawat klien untuk mencapai tujuan yang spesifik dan obektif bagi klien. Elemen musik sebagai alat utama yang meliputi irama, melodi, da harmoni. Terapi musik dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu menyanyi, mencipta lagu, memainkan alat musik, improvisaso, mendiskusi lirik dan mendengarkan musik.


Dalam jurnal yang saya baca, ternyata terapi musik mempengaruhi suasana hati subjek pendengar menjadi lebih posifit dan dapat menurunkan tingkat depresi yang dialaminya.  Dalam peneilitian tersebut, ditemukan adanya perbadaan yang signifikan antara subjek kelompok yang diberi terapi musik dengan subjek kelompok kontrol. Selain itu, terapi musik juga tetap efektif menurunkan gangguan depresi setelah satu bukan pelaksanaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India